virus!!! belum tentu loh

Waaaaahhh :-O …. Komputer saya restart terus dan tidak bisa masuk Windows…. Kena virus nich…

Jangan terburu – buru menyalahakn virus loh penyebabnya bisa karena Bad sector, selama saya bekerja banyak sekali teman – teman saya mengalami hal yang sama seperti di jelaskan di atas. komputer mereka cuma bolak – balik dari masuk booting terus restart lagi seterusnya seperti itu, padahal antivirus sudah paka McAfee dan Smadav karena mereka sangat cocok kemungkinan besar kena virus jadi bayangan semu.

akhirnya punya ide gimana klo di jamper di CPU saya, sekalian di cek ada virusnya gk di harddisk teman saya ini… :D

tapi ternyata saat masuk windows tiba – tiba harus menunggu CHKDSK mengecek harddisk teman saya, dan saya langsung berfikir ough ini toh penyebabnya pasti teman saya saat muncul CHKDSK dia langsung melewatinya saja…

Ternyata benar virus di harddisk teman saya tidak ada sama sekali ehmmmm, akhirnya di coba dech di copot dari jamper harddisk dan di pasang kembali ke komputer teman saya. Dan ternyata windows berjalan dengan sempurna no problemo lagi dech.

CHKDSK ialah (singkatan dari Checkdisk) adalah sebuah perintah di dalam sistem operasi DOS dan Microsoft Windows (keluarga Windows NT) yang mampu melakukan verifikasi integritas sistem berkas yang disimpan di dalam floppy disk atau hard disk

CHKDSK memang dapat digunakan untuk melakukan pemindaian dan pengecekan hard disk dari kesalahan sistem berkas yang didukung oleh sistem operasi Microsoft Windows. Akan tetapi, khusus untuk sistem berkas NTFS, Microsoft juga, mulai dari Windows NT 4.0 Service Pack 2 menyertakan sebuah utilitas yang digunakan untuk melakukan pemindaian terhadap sistem berkas NTFS, yang disebut dengan CHKNTFS.EXE, yang diletakkan pada lokasi yang sama dengan CHKDSK.EXE.

Dio Prasetyo – 24 Maret 2010 (Di tulis dari pengalaman pribadi jadi bukan Copy paste loh)

Rekan-rekan dan sahabat semua saya ada tambahan pengalaman lagi untuk komputer restart terus menerus, pengalaman ini baru saya dapatkan saat memperbaiki komputer rekan kerja di kantor.

Kondisi komputer saat di nyalakan normal malahan sudah masuk windows seperti biasa dan tiba-tiba tanpa basa basi komputer restart sendiri dan saat kedua kali hanya layar blank hitam yang saya lihat.

Selanjutnya saya coba cabut kabel power sebentar dan colok kembali coba hidupkan kembali si cpu dan bisa nyala dan masuk windows dengan lancar tapi ternyata restart kembali selang beberapa menit.

Setelah periksa harddisk tidak masalah memory bagus, coba hidupkan tanpa tersambung ke harddisk dan ternyata beberapa menit kemudian kembali restart terlihat dari gerakan kipas/fan prosesor.

Saat saya coba mengganti power supply kondisi kembali normal seperti biasa tidak ada restart-restart lagi dengan sendirinya.

Semoga info ini bisa membantu rekan-rekan semua.

Dio Prasetyo – 1 Desember 2011

About these ads