Sunan Ampel

Ehm jangankan non-muslim, terkadang kita sendiri masih bergidik ngeri melihat orang berjenggot tebal apalagi memakai baju gamis panjang memakai kopiah (peci)…

Apa yang anda rasakan dan anda pkirkan…??? karena banyaknya aksi TERORISME dan mengatasnamakan umat islam didalamnya kemungkinan besar kita menganggap orang berjenggot TERORIS …

Umat muslim pasti sudah tau, bahwa jenggot adalah sunnah Rasulullah Nabi Muhammad Saw. Tetapi untuk umat Non-muslim terutama umat Nasrani yang sangat mencintai Yesus Kristus kenapa sampai mencemooh dan kadang – kadang mencela orang yang mempunyai jenggot.

Sekarang mari kita buktikan bahwa ada manfaat yang telah saya dapatkan untuk debat ini, antara lain kehadiran wujud-wujud nabi Isa as di sebuah lukisan dan di patung salib… apakah beliau tidak berjenggot??? atau Nabi Isa as berjenggot???

Saya tidak berani berkata kalau tidak ada bukti yang cukup kuat bahwa ada sunnah dari Nabi Isa as kepada umatnya untuk memelihara jenggot, tetapi umatnya tidak menjalankan perintah tersebut…. mari kita baca kitab Injil…

Imamat 19:27 Janganlah kamu mencukur tepi rambut kepalamu berkeliling dan janganlah engkau merusakkan tepi janggutmu.

Imamat 21:5 Janganlah mereka menggundul sebagian kepalanya, dan janganlah mereka mencukur tepi janggutnya, dan janganlah mereka menggoresi kulit tubuhnya.

Kemana sunnah-sunnah ini… apakah hilang atau di hilangkan…??? yang kita harus pahami adalah Nabi Isa as tidak mengganti hukum kitab TAURAT tetapi mengisi yang kosong dari hukum-hukum di kitab TAURAT.

Matius 5:17. “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya SELAMA BELUM LENYAP LANGIT & BUMI INI, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Lukas 16:17 LEBIH MUDAH LANGIT & BUMI LENYAP dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.

Apakah pernah anda melihat Nabi Isa as tidak berjenggot…??? dalam sebuah gambaran atau sebuah ukiran patung…???

Sunnah – sunnah yang di hilangkanpun di ingatkan kembali dalam Al-Qur’an.

Qs.20 Thaahaa:94. Harun menjawab’ “Hai putera ibuku, janganlah kamu pegang JANGGUTKU dan jangan kepalaku; sesungguhnya aku khawatir bahwa kamu akan berkata: “Kamu telah memecah antara Bani Israil dan kamu tidak memelihara amanatku”.

Dan siapa yang tidak menyukai Al-Qur’an dan  sunnah Nabi walaupun ia adalah seorang muslim maka semua pahalanya akan sia – sia…

Qs.47 Muhammad:9. Yang demikian itu adalah karena Sesungguhnya mereka benci kepada apa yang diturunkan Allah lalu Allah menghapuskan amal-amal mereka.

Mudah – mudahan tulisan ini dapat menjadi renungan untuk kita semua, semoga mendapat manfaat dan pelajaran penting bahwa jenggot adalah sunnah bagi umat nasrani dan umat muslim… karena semua Nabi yang diturunkan oleh Allah swt mengajarkan seperti itu…

Kitab injil Online

Al-Qur’an online

Wassalam…

Dio Prasetyo – 7 April 2010

Iklan