Assalamu alaikum Warrahmatullahi wabarakatuh…

Tulisan  ini hanya sekedar curahan hati saya mengenai berita yang sedang ramai di perbincangkan di seluruh dunia, Al Qaeda atau sering di sebut Tandhim oleh negara-negara arab yang berarti kelompok atau bisa juga di sebut jamaah.

Siapa sih Al Qaeda…??? begitulah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang banyak, mereka hanya tahu bahwa itu adalah kelompok teroris international.

Bagi saya mereka bukan kelompok teroris,karena kalau melihat dari awal mula mereka ada dibumi Allah ini adalah karena kesombongan negara-negara adidaya yang memamerkan kekuatan negara mereka dengan menjajah negara-negara berpenduduk muslim.Tahun 1979 dimana negara Afganistan dijajah oleh Uni Soviet, negara dengan mayoritas penduduk muslim itu di serang dan di poraporandakan dengan seenaknya.

Munculah pemuda-pemuda muslim dari seluruh negara islam (Arab saudi, palestina, mesir, iraq, iran dll) yang ingin membantu negara tetangganya tanpa sepengetahuan siapa pun. Mereka berkumpul di perbatasan Pakistan dan mendirikan kamp pelatihan disana, diantara para pemuda itu ada yang bernama Usamah bin Muhammad bin Awad bin Laden. yang datang dari negaranya dan meninggalkan kemewahan dunia demi membantu para pejuang afganistan menghadapi negara adidaya waktu itu Uni Soviet.

Kamp itu dinamakan Al Ansar, atau juga di sebut para pejuang Afgan Al Arab. Inilah awal mula keikutsertaan Usama bin ladin di kamp pelatihan ini, sebelumnya dia hanya membantu keuangan dan membantu menjadi koordinasi perekrutan pemuda-pemuda muslim dari seluruh dunia.

Di kamp inilah Usama bin Ladin menghabiskan waktunya untuk melatih pemuda-pemuda Afgan Al Arab untuk siap masuk medan pertempuran. Adil besar Usama ialah saat perang dengan Uni Soviet untuk membebaskan kota jalalabad.

Akhirnya tahun 1986 Afganistan memperoleh kemenangannya dari Uni Soviet.

Inilah awal mula terjadinya sebuah kelompok yang berhasil membantu mengusir penjajah dari bumi Afganistan, sangat diluar nalar hanya dengan senapan AK-47, Granat dan pelontarnya meraka dapat memukul mundur Uni Soviet.

Siapakah Usama bin Ladin ini, kenapa dia sangat berpengaruh di Al Qaeda. Usama lahir dari keluarga mampu tahun 1955 anak ketujuh dari 50 saudara, ayahnya adalah Muhammad bin Awwad bin Ladin pengusaha kontraktor terbesar di timur tengah. tahun 1968 ia ditinggal oleh ayahnya karena kecelakaan helicopter yang kendarai oleh ayahnya, umurnya hanya 13 tahun tapi ia telah mendapat warisan sebesar 300 juta dolar.

Sekarang kepalanya ditafsir oleh pemerintah Amerika 50 juta dolar seperenam dari total kekayaanya sangat luar biasa.

Pertama kali Amerika tidak menganggap Al Qaeda musuh utama Amerika, Amerika beranggapan mereka hanya kelompok kecil pejuang islam di negara Arab.

Saat Amerika dan Israel melakukan penjajahan kembali sekarang Palestina menjadi korbannya, Kamp Al Ansar ini kembali bergejolak untuk membantu Palestina dan menghancurkan Amerika dan sekutunya.

Dimulailah sebuah Jamaah kecil menjadi musuh utama negara adidaya Amerika, siapa sangka Amerika menyebut Al Qaeda sebagai musuh utama. ingat kata-kata di atas Al Qaeda biasa di sebut Tandhim oleh negara-negara arab yang berarti kelompok atau jamaah.

Dan berapa milyaran dolar habis untuk melawan kelompok ini, berapa nyawa tentara meraka yang mati demi untuk memusnahkan kelompok ini.

Ingat hanya kelompok kecil bukan negara, hanya sekelompok pejuang yang menamakan mereka Al Qaeda. Sungguh luar biasa raksasa super power merasa tertantang untuk mengalahkan mereka dengan jutaan tentara, peralatan canggih dan milyaran dolar untuk proyek pemusnahan Al Qaeda.

10 tahun berlalu sejak serangan Al Qaeda ke menara kembar dan gedung pentagon 11 September 2001 silam, Amerika sudah mengalami pailit keuangan. habis-habisan mereka mengejar para anggota Al Qaeda.

Sampai Minggu malam tgl 1 May 2011, Obama lantang menyerukan bahwa telah berhasil membunuh orang no 1 Al Qaeda Usama bin Ladin di Pakistan, ingat hanya pemimpinnya bukan Al Qaedanya.

Obama pun membuat pernyataan untuk seluruh warga amerika yaitu Travel Warning untuk bepergian keluar Amerika bagi warga Amerika.

Ternyata masih ada ketakutan di dalam hati Obama, padahal dia berhasil membunuh pemimpin no 1 Al Qaeda. Apakah ini suatu kekalahan ataukah sebuah kemenangan???

Kelompok kecil yang tadinya di anggap remeh sekarang menjadi lawan tangguh pemerintahan Amerika dan sempat membuat mereka kesulitan keuangan, hanya dengan mengangkat AK-47 dan Pelontar Granat milyaran dolar hancur di Afganistan, iraq dan palestina.

Siapakah pemenang perang ini, Amerika yang telah kehilangan ribuan prajuritnya dan kehilangan milyaran dolarnya ataukah Al Qaeda yang hanya ribuan orang tapi tidak terdeteksi keberadaannya.

Negara sebesar Amerika di buat goncang oleh sebuah Kelompok kecil yang bernama Al Qaeda, muka Amerika di coreng dan di permalukan oleh kelompok ini negara Adidaya tidak bisa menghentikan pergerakan meraka.

Pemimpin Mati, bagi mereka pemimpin bisa di pilih kembali dan Al Qaeda pasti dan akan menuntut balas.

Siapa yang memulai perang dialah yang mengakhiri perang.

Terima kasih telah menyimak sekilas tulisan saya ini Wassalam.

Dio Prasetyo – 04 May 2011

referensi : Buku In the heart of Al Qaeda.

Iklan