Siapa yang tidak mengenal tempe ehm makanan yang paling saya sukai dan orang Indonesia sukai, tanpa tempe saat makan terasa kurang pas apalagi di tambah sambal terasi yang menggugah selera.

Kisah penjual tempe ini saya tonton di TVONE di acara Bukan Jalan-jalan biasa, pertama saya tonton rasa tidak percaya muncul masa sih ada penjual tempe asal Indonesia disana.

Dia adalah Rustomo, Rustomo pertama kali berjualan tempe dengan mengimport tempe dari Indonesia tapi karena tempe mempunyai kadaluarsa yang sangat cepat Mas Rusto yang asli orang Jawa ini mencoba peruntungan dengan hasil tabungannya beliau membuat pabrik di lahan sebelah rumahnya dengan memperkerjakan 6 karyawan.

6 bulan pertama tempe yang ia buat dengan cara manual itu gagal, komposisi dan kwalitas kedelai dan ragi dari jepang merubah struktur dan rasa tempe seperti di Indonesia yang ada di tempe buatan Mas Rusto ini. Tapi bukan Rusto namanya kalau langsung menyerah dia melakukan experimen kembali beliau mendatangkan kedelai dan ragi dari Indonesia.

Dan hasilnya diluar dugaan tempe buatannya berhasil menyamai rasa dan aroma khas tempe buatan Indonesia, beliau pun langsung membuat merk dagangnya sendiri “Rusto’s Tempe”.

Beliau tinggal dengan Istri dan 2 anak perempuannya yang asli keturunan jepang, istrinya kerja di Bank Swasta dijepang kedua anak perempuannya masih di sekolah dasar.

Karena beban biaya yang berlebih dan stock yang melimpah karena di simpan di lemari pendingin yang bisa bertahan selama 6-7 bulan, Mas Rusto mulai kebingungan untuk membayar gaji para karyawannya.

Tanpa diduga-duga oleh Mas Rusto istrinya berniat mengundurkan diri dari pekerjaannya dan ingin membantu di pabrik suaminya. Rustomo dan istrinya kewalahan dengan permintaan pasar yang positif akan produk buatan Mas Rusto ini.

Akhirnya Mas Rusto pun membeli Mesin dan membeli tanah kembali dari tabungannya di tanah yang lebih luas ini beliau membangun pabrik yang lebih besar untuk dapat menempatkan mesin pembuat tempe.

Dipabrik itu Mas Rusto dan Istri beserta kedua anaknya membangun perusahaan mereka sendiri mereka bekerja keras untuk dapat mengembangkan dan mempromosikan tempe buatan mereka di swalayan-swalayan terkemuka di jepang.

Hasilnya sangat luar biasa produk Rusto’s Tempe sudah sangat terkenal di swalayan-swalayan di Jepang.

Cerita-cerita hebat orang Indonesia.

Dio Prasetyo – 1 Maret 2012

Iklan