Sedih melihat rekan-rekan apalagi teman-teman di tempat kerja saya yang dengan santai membuang makanan mereka saat mereka sudah kenyang padahal masih sangat banyak nasi dan lauk pauk di piringnya.

Kejadian ini sering saya lihat di semua hampir tempat kerja saya bukan hanya di satu tempat saja, kalau misalkan sudah dibuatkan box perorang mungkin tidak masalah mungkin disiapkan sama rata tapi kalau makanan di buat alakat jadi bisa ambil sendiri sesuai selara gimana.

Apakah mereka tidak melihat masih banyak orang-orang yang mengemis untuk makan hari ini, apakah mereka tidak melihat banyak anak-anak memungut sayur bekas untuk dibawa pulang ke orang tua mereka untuk dimasak.

Bisakah kita merubah kelakuan kita dengan hidup sederhana dan seadanya, ambilah nasi secukupnya, lauk pauk secukupnya yang kira-kira cukup untuk makan siang. Ingat loh Nabi Muhammad pun memesan kan kepada kita “Berhentilah makan sebelum kamu kenyang”

Karena apa di dalam tubuh kita ada 3 bagian yang kita lupakan apa saja akan saya uraikan di bawah ini :

  1. Bagian untuk makanan sebesar 50% (Ini yang di anjurkan).
  2. Bagian berisi air 25% untuk kebutuhan asupan air untuk tubuh kita.
  3. Udara ini biasanya keluar saat anda selesai minum sesudah makan.

Coba deh biasakan supaya perut kita mempunyai batas maksimum untuk makanan, karena kalau kita kelebihan makanan dan udara dalam perut habis disaat itu lah kita akan merasakan sesak.

Saat ini walaupun yang membaca tulisan saya ini hanya sedikit tapi besar harapan saya untuk mengingatkan kembali masih banyak saudara-saudara kita di jalanan yang kelaparan susah untuk makan tapi malah kita suka membuang-buang makanan seenaknya.

waktu kecil pun ibu saya sudah menasihati saya ambil nasi sedikit dahulu kalau kurang baru tambah jadi tidak membuang-buang makanan.

Semoga tulisan saya ini dapat membuka mata hati kita untuk senantiasa selalu menjadi orang yang sederhana dan tidak memiliki sifat yang berlebihan dalam semua hal.

Dio Prasetyo – 3 April 2012

