The hoax

Ehm 🙄 miris juga melihat rekan kita Mas Yogi pemilik blog yang memuat foto-foto palsu korban pesawat sukhoi, karena keteledorannya dalam memuat berita menghantarkannya memasuki dunia hukum ya yang menurut saya sudah sangat-sangat berat untuk pribadi saya sebagai seorang blogger.

kasus seperti ini bisa menjadi pelajaran untuk kita apalagi sebagai seorang blogger yang aktif di dunia maya, walaupun sangsi hukum ada di dunia nyata 😥

Kalau kita lihat pasalnya, pasal 51 ayat 1 junto pasal 35 UU no 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Tetapi menurut saya bila tidak ada yang merasa keberatan dan tidak melaporkan ke pihak berwajib seperti tidak akan ada masalah benar tidak? Kalaupun ada yang melaporkan, pihak berwajib bisa menelusuri kebenaran berita dan foto yang di upload.

Berarti kita sebagai penulis didunia maya harus lebih berhati-hati jangan menulis yang dapat merugikan orang lain, jangan memuat berita-berita palsu walaupun sebenarnya berita di dunia asli bisa lebih parah dari pada di dunia maya. Contohnya  berita-berita selebriti kadang-kadang di beritakan tidak sesuai dengan berita aslinya kan tapi karena tidak ada laporan ke pihak berwajib oleh orang yang merasa di rugikan ya berita gosiper terus berjalan 😆

Semoga saudara Yogi bisa di berikan kemudahan dan diberikan jalan yang terbaik amin.

Salam,

Dio Prasetyo – 16 Mei 2012

 

Iklan