Hari ini saya mau membahas tentang pasukan atau prajurit-prajurit terbaik versi saya, kenapa versi saya karena saya mengambil dedikasi mereka dalam melakukan penyelamatan dalam penyandaraan.

Mari kita simak Pasukan-pasukan terbaik di Dunia

1. KOPASSUS

KOPASSUS

KOPASSUS

Dibentuk pada tahun 1952 dengan nama “Komando Pasukan Khusus”, sangat di segani di kawasan Asia Tenggara karena keterampilan perang dan penyelamatan tanpa ada korban dari sandera.

Tahun 1981 menjadi tahun terbaik bagi KOPASSUS dimana terjadi Pembebasan penumpang pesawat Garuda DC-9 Woyla di bandara Don Muang Thailand berhasil menyelamatkan semua sandera dan membunuh semua pembajak pesawat. Merupakan peristiwa spektakuler, bahkan banyak yang menilai keberhasilan itu melebihi keberhasilan Israel dalam membebaskan sandera di Entebbe Uganda.

“Tunjukkan jati dirimu, lebih baik kita pulang nama dari pada gagal di medan laga”.

2. Sayeret Matkal

Sayeret Matkal

Sayeret Matkal

Pasukan elite yg di miliki Negara Israel, pasukan ini sangat terlatih di bidang beladiri dan persenjataan ringan termasuk menjadi mata-mata di wilayah musuh.

Pasukan Elite ini pernah melakukan penyelamatan penumpang pesawat Air France di Bandara Entebbe Uganda pada tahun 1976, Seorang tentara Israel, 45 tentara Uganda, enam pembajak dan tiga sandera tewas dalam operasi, yang setidaknya berhasil membebaskan 100 sandera.

3. The Kaibiles

The Kaibiles

The Kaibiles

Didirikan tahun 1975 Pasukan yang tergabung dalam Guatemala Komando Revolusioner ini ahli dalam perang di hutan dan membasmi pemberontak.

Motto mereka  adalah : “If I advance, follow me. If I stop, urge me on. If I retreat, kill me.” (Jika saya maju, ikuti saya. Jika saya berhenti, doronglah saya. Jika saya mundur, bunuhlah saya.)

Penangkapan yang terkenal adalah penangkapan komandan pemberontak Uganda di kongo yang menewaskan 8 Kaibiles dan 5 terluka saat itu mereka bergabung dengan pasukan perdamaian PBB.

4. Alpha Group

Alpha Group

Alpha Group

700 regu antiterosis asal Rusia ini didirikan sejak tahun 1974, mereka tetap ada walaupun Uni Soviet runtuh pada waktu itu.

Penyelamatan yang terkenal adalah penyelamatan 1200 sandera di sekolah Beslan yang di sandera oleh separatis Chechnya, mereka berhasil melumpuhkan 31 teroris pada tahun 2004.

5. U.S. Navy SEALs

U.S. Navy SEALs

U.S. Navy SEALs

Pasukan angkatan laut Amerika ini bergerak di 3 tempat air, udara dan darat (Seal) mereka terlatih untuk pengintaian, teroris dan penyelamatan sandera.

Operasi yang fenomenal adalah operasi yang di dengungkan Barack Obama untuk menangkap atau membunuh Osama Bin Ladin di pakistan (Operasi yang belum mendapat izin dari pemerintah Pakistan).

Dan operasi 3 personil Navy Seal dalam penyelamatan awak dan kapten kapal yang di tawan oleh perompak Somalia 3 perompak tewas.

.
🙄 Berbanggalah Indonesia karena memiliki pasukan khusus terbaik di dunia

Jayalah Indonesiaku Jayalah Tentara Negara Indonesia.

Dio Prasetyo – 15 Augustus 2012

