Ehm… sejenak berfikir untuk kelangsungan hidup manusia…

Jakarta Kebanjiran

Kenapa kita tidak belajar dari negara yang pernah menjajah kita ratusan tahun, ya siapa lagi kalau bukan Belanda negara yang sering di sebut dengan Netherlands (daratan yang rendah). Belanda memiliki tanah yang berada di bawah permukaan laut kalau bisa di bilang tanpa penopang banjir belanda akan tenggelam dalam sekejap.

Jakarta ibukota negara ini mengalami hal yang cukup ruwet,  banjir adalah gejala nomor 1 di ibukota ini bagaimana tidak hampir setiap tahun jakarta akan tenggelam dalam air sampai istana ke presidenan pun tidak luput dari terjangan banjir.

Banjir jakarta biasanya di identikan dengan bogor, bogor di sebut-sebut sebagai biang keladi banjir di jakarta sebenarnya orang-orang yang bilang seperti itu tidak mengetahui bahwa Jakarta sangat mirip dengan Belanda ibukota negara ini sudah di bawah permukaan laut (http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=318251) jadi harus di buat saluran pembuangan ke laut dong??? belum jaminan jakarta akan aman dari banjir proyek banjir kanal timur memang sudah bisa menanggulangi banjir tapi di bagian utara jakarta bagaimana?

Pertahun tanah Jakarta turun berkisar 1,5 cm/tahun sedangkan air laut semakin meningkat dijamin di tahun 2030 dan 2050 jakarta akan kehilangan puluhan hektar tanah di kawasan jakarta utara, kalau tidak ada tindakan selagi kita bisa banyak yang akan kehilangan tempat tinggal, pekerjaan dan jiwa.

Belanda memulai pembangunan bendungan ditengah laut karena pernah terjadi badai yang menghancurkan sebagian wilayah pesisir dan menewaskan lebih dari 1000 jiwa, dari sanalah muncul ide untuk membuat proyek yaitu DELTA WORKS.

Delta Works proyek besar belanda untuk membangun bendungan terpanjang dan tersulit, bagaimana tidak sulit bendungan itu di buat di atas pesisir pantai yang sangat panjang. Lalu bagaimana untuk mengeluarkan air dari dalam keluar mereka menggunakan kincir angin sebagai pompanya kincir angin tidak hanya untuk pembangkit listrik tetapi juga sebagai pompa air laut.

Jakarta 2050

Jakarta 2050

Jakarta 2030

Jakarta 2030

Delta Stormbarrier Belanda

Delta Stormbarrier Belanda

Delta Stormbarrier Belanda

Delta Stormbarrier Belanda

Delta Works

Delta Works

Delta Works dan kincir angin sebagai pompa

Delta Works dan kincir angin sebagai pompa

Delta Works

Delta Works

Delta Works

Delta Works

Cara kapal laut keluar dari bendungan

Cara kapal laut keluar dari bendungan

Luar biasa bukan jadi kapan jakarta mau buat bendungan seperti ini ya siapa tau ada yang mau mengeluarkan dana buat membuat bendungan ini, selain untuk menahan gelombang pasang bendungan ini juga berfungsi sebagai jalan tol dan kalau ingin membandingkan ketinggian air bisa di lihat di foto diatas saat kapal pesiar ingin keluar kearah laut harus lewat 2 tahapan bendungan baru bisa berlayar di laut lepas.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan khususnya warga  dan pemprov jakarta.

Dio Prasetyo – 17 January 2013

Iklan