Kantor BatanMungkin kita hanya mengenal nuklir dari kisah di blog dan buku-buku dari perang dunia ke 2 antara jepang dan amerika, korban bergelimpangan 2 bom atom menghantam hiroshima dan nagasaki. Trauma dan kekhawatiran itu masih tersimpan di dalam hati jutaan manusia di bumi.

Tetapi sekarang kita harus merubah pola pikir kita dan merubah nuklir menjadi teman sejati manusia untuk di kembangkan menjadi sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia. Indonesia membutuhkan langkah cepat untuk menanggulangi kurangnya pasokan listrik untuk beberapa propinsi dan beberapa daerah terpencil untuk itu PLN harus secepatnya melakukan pembangunan PLTN yang sudah di rencanakan dari beberapa tahun silam.

Bila 1 PLTN dibangun akan menghasilkan kira-kira 1000 MegaWatt, ini berarti bisa menghidupkan listrik setidaknya 2-3 propinsi diindonesia. Bila di bandingkan dengan PTLU untuk menghasilkan daya sebesar 1000 MegaWatt harus membutuhkan kira-kira 3-4 juta ton batubara.

Masalah radioaktif dll hasil pembakaran uranium ini indonesia sudah memiliki penyimpanan di daerah serpong tanggerang dan termasuk penyimpanan limbah radiaktof terbesar di asia tenggara jadi mau menunggu apalagi,

uraniumLimbah radioaktif pun lebih mudah di tanggulangi dari pada limbah sianida, limbah ini akan terurai dengan sendirinya selama 30 tahun. Indonesia negara kepulauan yang sangat sulit mendapatkan listrik untuk rumah tangga dan industri karena terkendala jarak lautan yang begitu sangat jauh.

Bahan baku uranium pun sudah ada diindonesia daerah Mamuju provinsi sulawesi barat sesuai dengan penelitian badan pengawas tenaga nuklir (BAPETEN), mamuju bisa menjadi suatu daerah yang memiliki kekayaan uranium yang melimpah.

Bila Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan listrik, indonesia bisa menjadi negara yang lebih berkembang dan maju. Tarif listrik murah, beberapa daerah yang tidak memiliki listrik bisa mendapatkan jatah beberapa ratus megawatts, industri bisa berkembang karena tidak akan mengalami kerugian menggunakan genset dengan bahan bakar solar setiap harinya.

Tetapi perlu di ingat potensi bahaya dari PLTN masih membayangi kita, potensi bocornya radioaktif dll yang berhubungan dengan keselamatan jiwa manusia yang tinggal di sekitar PLTN tersebut.

Jaya Indonesiaku

Dio Prasetyo – 17 October 2014

Iklan