Assalamu alaikum wr wb.

Alhamdulillah masih diberikan kesehatan untuk bisa menulis kembali di blog tercinta ini, hari ini saya mau mengulas permasalahan sulitnya membuat report pemakaian bandwidth disebuah unit perkantoran dll. Penyebabnya bisa dari kurangnya server yang ada, dana, software dan keterbatasan kemampuan dari diri kita sendiri.

Karena saya mengejar target laporan bulanan di kantor tempat saya bekerja saya membutuhkan laporan bandwidth per ip, kesulitan pertama komputer server di kantor saya terbatas mungkin banyak yang bisa menggunakan linux dan CentOS sebagai jembatan untuk membuat report management bandwidth ini tapi disaya server semua sudah terinstall windows dan tersisa windows xp mau tidak mau harus coba di windows xp.

Ok urutan pertama dari pemasangan BandwidthD ini kita download bandwidth-2.0.1-binary-windows.zip terlebih dahulu disini https://sourceforge.net/projects/bandwidthd/

Langkah kedua unzip ke tempat yang diinginkan disarankan di program files c:\program files\bandwidth

Langkah ketiga masuk ke folder  c:\program files\bandwidth\etc didalamnya ada file dengan nama bandwidth.conf saya edit menggunakan notepad atau wordpad lalu edit dibagian subnet seperti gambar dibawah ini :

bandwidthd.conf

Langkah keempat jalankan program install service.bat didalam folder bandwidthd.

install-service-dot-bat

Langkah kelima masuk ke menu run ketikan services.msc Enter.

run-servicesdotmsc

Cari nama services bandwidthd double click – start – ok

menu-services-windows

Langkah keenam masuk ke folder c:\program files\bandwidth\htdocs cari file index.html double click tunggu kurang lebih 5-10 menit jreeeeeng laporan pemakaian bandwidth per ip sudah muncul.

index-html

report-pemakaian-bandwidth

 

Tulisan ini melengkapi dari langkah-langkah di forum dan website ini https://community.spiceworks.com/how_to/1264-how-to-use-bandwidthd-to-monitor-your-windows-network dan sisanya saya test dan mencoba sendiri bukan dari copy paste dari tulisan orang lain.

Bila membutuhkan bantuan mengenai setup bandwidthd bisa mengisi kolom komentar.

Dan selamat mencoba.

Dio Prasetyo – 23 September 2016

