Alhamdulillah masih di berikan kesehatan dan kesempatan untuk menulis di Blog tercinta ini, mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat untuk kawan-kawan yang baru membuat blog di wordpress.

Antara lain memasukan Gambar atau foto di tulisan dan membuat keterangan di gambar atau foto tersebut, membuat foto kita menjadi logo di sebelah alamat blog kita di dan memasukan Foto dan gambar di sidebar menu wordpress ok kita bahas satu persatu ya… :D

MEMASUKAN FOTO DAN GAMBAR DI SEBUAH TULISAN

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah Log in di wordpress, masuk ke menu Dasbor dan buatlah sebuah tulisan baru seperti tampilan di bawah ini.

Memasukan Foto dan Gambar di Tulisan terbaru

Di Gambar atas saya tampilkan menu Add Picture yang saya tandai dengan lingkaran Merah, setelah mengklik menu tersebut akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Tampilan untuk mencari foto atau gambar yang mau anda Input

Di gambar di atas anda harus mencari di mana foto yang ingin anda masukan ke wordpress di menu Browse, selanjutnya anda mengklik button Unggah dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Mensetting Ukuran dan Judul Foto

Seperti yang anda lihat di gambar di atas untuk menu no. 1 itu adalah judul foto asli dari komputer anda. Untuk No. 2 bila anda mau membuar Judul foto di tampilan wordpress anda, No. 3 anda bisa mensetup settingan letak foto anda. Dan yang terakhir No. 4 adalah ukuran besar atau kecil dari foto yang akan anda tampilkan.

Bila sudah anda bisa mengklik Button Sisipkan dalam Tulisan. Secara otomatis foto atau gambar akan masuk Ok lankah pertama selesai untuk meramaikan Blog kawan-kawan semua :D .

MEMBUAT FOTO ANDA MENJADI ICON DI ALAMAT BLOG ANDA

Sekarang kita mempercantik tampilan alamat blog kita dengan foto wajah kita hehehe :P narsis…

Membuat foto menjadi Icon

Nah tuh kelihatan kan foto saya yang saya lingkari di atas…. sekarang kita akan membuat itu Sob… lanjut…

Pertama anda masuk ke menu Dasbor - Pengaturan (Setting) – General lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Menu Setting

Mohon maaf gambarya tidak jelas karena saya minimize hihihi :D , ok di menu ini Anda masuk pertama kali ke menu Browse lalu anda di minta untuk mengcrop foto anda karena foto yang terlalu besar tidak akan bisa menjadi Icon.

Bila sudah anda pilih menu selanjutnya yaitu Upload Picture dan klik menu Simpan Perubahan di no. 3.

Selesai tunggu beberapa saat, karena tidak bisa langsung berhasil kadang-kadang harus mengulang beberapa kali. Ok :D selamat mencoba yang ini kita lanjut ke menu Sidebar samping.

Tunggu Tulisan selanjutnya ya… Untuk memasukan gambar di Sidebar menu WordPress…

(Bersambung)

Monggo di simak tulisan berikutnya langsung di klik saja ->  Cara Membuat Blog WordPress Anda Semakin Menarik… (Part 2)

Tulisan saya selanjutnya  Cara membuat blog WordPress anda semakin menarik (Part 3)

Dio Prasetyo – 1 Juni 2010

About these ads